Candi Borobudur: Keajaiban Dunia di tengah Pulau Jawa

Berada di pulau Jawa, candi Borobudur yang istimewa ialah monumen Buddha paling besar di dunia yang perlu Anda datangi minimal sekali sepanjang umur. Teritori ini dikitari oleh panorama alam Jawa tengah yang cantik yang cuman dapat Anda dapatkan di situ.

Kuil ini berdiri istimewa di pucuk bukit yang menghadap ke kebun hijau subur dan bukit-bukit yang jauh. Dibuat di antara 780 dan 840 M pada periode pemerintah dinasti Syailendra, design candi dalam arsitektur Gupta menggambarkan dampak India di daerah itu. Tetapi, ada lumayan banyak episode dan komponen asli yang dipadukan untuk membikin Borobudur jadi ciri khas Indonesia.

Ini meliputi keseluruhan luas permukaan sekitaran 2.500 m2 Lembah Kedu, sisi selatan Jawa tengah. Monumen ini mempunyai design yang mengagumkan, dihias dengan 2.672 panel relief dan aslinya terbagi dalam 504 patung Buddha, dikitari oleh tempat hijau. Arsitektur dan pahatan batu candi ini tidak ada bandingannya. Itu dibuat tanpa memakai semen atau mortar. Susunannya seperti beberapa kumpulan balok Lego besar yang sama-sama mengamankan yang digabungkan tanpa lem. Tidaklah aneh bila Borobudur tercatat oleh UNESCO sebagai Situs Peninggalan Dunia.

Kuil itu masih tetap kuat bahkan juga sepanjang sepuluh era diacuhkan. Itu diketemukan kembali ke tahun 1814 di bawah perintah Sir Thomas Stanford Raffles. Di tahun 1970-an, Pemerintahan Indonesia dan UNESCO bekerja bersama untuk kembalikan Borobudur ke keagungan sebelumnya. Pemugaran memerlukan waktu 8 tahun untuk menyelesaikannya, jadikan Borobudur salah satunya harta paling bernilai di Indonesia. Itu penyebabnya kenapa Anda akan mendapati beberapa larangan untuk sentuh atau duduk di situs Borobudur saat Anda mendatanginya. Warga di tempat benar-benar ingin jaga keelokan candi ini karena bercerita cerita riwayat mereka.

Kuil ini dihias dengan ukir-pahatan batu di relief, yang sebagai wakil gambar dari kehidupan Buddha. Beberapa pengamat mengeklaim jika ini ialah ansambel relief Buddha paling besar dan terkomplet di dunia, tidak tertandingi dalam soal nilai artistik.

Baca artikel lainnya: Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi

Melihat Ketakjuban dari dekat

Saat Anda merencanakan untuk berkunjung Candi Borobudur, dianjurkan untuk menelusuri situs dengan jalan kaki. Anda bisa memutuskan untuk jalan lewat Green Park dari pintu masuk. Banyak penjual akan tawarkan cenderamata dan pernak-pernik yang lain saat Anda jalan melalui tempat ini. Anda bisa juga mendapati beberapa oleh-olehan ciri khas Indonesia seperti batik, pakaian tradisi Indonesia dan patung pajangan kecil yang lain yang memikat. Walau telah ada ketentuan untuk menahan supaya tidak mengusik pengunjung, tetapi dianjurkan untuk beli beberapa oleh-olehan tradisionil yang mereka jual untuk ingat keelokan candi Borobudur.

Saat Anda mendaki ke pucuk candi yang istimewa ini, Anda akan kagum pada ukir-pahatan batu yang sulit dan detil yang diperlihatkan di dindingnya. Anda pun perlu memerhatikan norma-norma tertentu saat berkunjung situs budaya ini, seperti kenakan pakaian rapi, menghindar semua wujud vandalisme, jaga sikap, menghargai aktivitas keagamaan yang kemungkinan Anda dapatkan saat ada di sana dan paling akhir, tidak boleh berfoto terlalu berlebih. saat ambil gambar. Bila Anda kebenaran menggunakan celana pendek sepanjang lawatan Anda, Anda kemungkinan harus pinjam sarung dan menggunakannya di pinggul Anda.

Saat Anda ada di situs, yakinkan untuk pelajari riwayat dan keperluannya, yang tergambar pada banyak reliefnya. Tutorial ada untuk menolong Anda pelajari selanjutnya mengenai monumen ini dengan beberapa opsi bahasa, hingga Anda tak perlu cemas untuk perdalam pengetahuan riwayat candi Borobudur. Mereka segera dapat membantu Anda disekitaran situs dan menerangkan riwayat candi, diawali dengan pembangunannya sepanjang dinasti Syailendra dan menerangkan tiap detilnya. Ukir-pahatan batu yang menempel pada candi tampilkan legenda dan narasi, yang bermakna filosofis yang besar.

Perjalanan yang Menyenangkan

Borobudur memiliki jarak sekitaran satu jam perjalanan dari Yogyakarta. Langkah paling mudah untuk sampai ke situ dengan ikuti tour atau sewa mobil. Sepanjang perjalanan ke Borobudur, Anda bisa nikmati sejuknya udara kota Magelang dengan jalanannya yang banyak pohon-pohonan besar yang teduh. Borobudur sendiri berdiri tegak dengan background fantastis pegunungan Menoreh yang mengitarinya. Dianjurkan untuk berkunjung lokasi sepanjang bulan April – Oktober, yang disebut musim kemarau di negara itu. , akan lebih bagus untuk bertandang di siang hari dibanding malam hari untuk memperoleh panorama candi yang terang.

Saat sampai di lokasi parkir, umumnya Anda harus jalan kaki untuk sampai ke gerbang masuk. Untuk pelancong internasional, Anda perlu mempersiapkan uang sejumlah 350.000 rupiah atau 25 USD untuk memperoleh tiketnya. Bila Anda masih perlu beli jajan, ada pedagang kaki lima yang lain menawarkan kulineran ciri khas Jawa tengah yang kemungkinan tidak pernah Anda cicip awalnya. Masuk kompleks candi itu gampang, dan mayoritas pengunjung memutuskan untuk jalan kaki. Atau, Anda bisa memetakkan kereta kuda pada harga yang lumrah. Penumpang kapal pesiar yang turun di Semarang dapat ikuti tour satu hari berkendaraan lewat Wonosobo ke Borobudur.

0 thoughts on “Candi Borobudur: Keajaiban Dunia di tengah Pulau Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *