Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi

Malioboro di pagi hari

Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi. Siapakah yang tidak paham dengan teritori Malioboro Jogja? Teritori ini sebagai jantung kota dan lambang dari kota Yogyakarta. Bahkan juga beberapa orang terasanya belum komplet saat tiba ke Jogja belum singgah ke Malioboro. Tetapi dibalik kelebihan itu ada riwayat panjang mengenai Malioboro.

Riwayat menjelaskan dahulu dengan diawali kehadiran Keraton Yogyakarta pada era 18, jalan Malioboro Jogja masih berbentuk jalan tanah tanpa nama. Jalan itu tersambung di antara Keraton Yogyakarta dan Tugu Golog-gilig membuat garis lempeng dengan gunung Merapi. Kanan kirinya juga mayoritas perkampungan.

Menurut Prof. Djoko Suryo, seorang pakar riwayat bahwasanya sejak dahulu jalan itu ada pasar Beringharjo dan Kepatihan. Tetapi sejak ada jalan kereta api dan Stasiun Tugu teritori ini jadi ramai karena jadi sentra transportasi masuk keluar Jogja.

Memang Yogyakarta menyajikan banyak keindahan yang tidak ada selesainya. Banyak mengenali dengan panggilan Malioboro Jogja karena jumlahnya macam wisata berbentuk pantai yang menarik dan riwayat dan budayanya. Patut saja bila beberapa orang yang kangen dengan kecantikan Jogja.

Malioboro di malam hari

Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi. Nikmati keelokan Jogja saat senja mulai terbenam sampai malam hari, daya tarik Kota Gudeg ini baru diawali . Maka untuk kamu tidak boleh cepat-cepat pulang dahulu jika belum rasakan keelokan Jogja pada malam hari. Yok! ada banyak wisata menarik disekitaran Malioboro Jogja, baca ini.

Baca Artikel lainnya: Candi Borobudur: Keajaiban Dunia di tengah Pulau Jawa

Wisata Menarik Dekat Malioboro

  1. Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo

Belum komplet rasa-rasanya bila kalian tiba ke Malioboro Jogja tanpa beli oleh-olehan di pusat belanja yakni Pasar Beringharjo. Baju dan kain batik jadi daya magnet sendiri untuk beberapa pelancong. Bukan hanya baju dan kain batik tetapi juga ada kedok, gelang dan kenang-kenangan yang lain.

Lokasi masih bersisihan dengan Malioboro samping selatan yakni benteng vredeburg. Lokasi parkirnya juga lumayan luas untuk kendaraan roda 4 dan roda 2, jadi siap memuat banyak kendaraan beberapa pelancong.

2. Mesjid Siti Dzirjanah

Mesjid Siti Djirzanah

Mesjid yang istimewa ini berada di jalan margomulyo no 25. Mesjid ini berdiri dengan tinggi 12 mtr. disebelah barat Maloboro Jogja, di antara pertokoan batik soenardi dan toko electronic. Sampai saat ini masih tetap ramai didatangi pelancong atau warga sekitaran.

Corak bangunan ala-ala Tiongkok ialah kelebihan tertentu untuk bangunan istimewa ini. Fasad Masjid di pasangi tulisan bahasa Mandarin yang bermakna yaitu Masjid. Di bawahnya ada jam raksasa yang berupa lingkaran, dan bubungannya serupa kelenteng.

3. Hamzah Batik

Hamzah Batik

Hamzah Batik adalah lokasi yang banyak didatangi pelancong di Malioboro Jogja. Pusat dunia batik dan cendera mata ya ada di sini ini! banyak beberapa macam tipe batik yang siap membuat kalian kebingungan pilihnya. Permasalahan kuwalitas bahan tentu saja bagus dan berkompetisi.

4. Benteng Vredenburg

Benteng Vredenburg

Museum Benteng Vredenbug berada di jalan Margo Mulyo / jalan A Yani No.6, ngupasin gondomanan Yogyakarta. Lebih persisnya di titik 0 km jogja. Sampai saat ini tempat ini tetap terlindungi orisinalitas susunan bangunannya, sebagai salah satunya bukti riwayat warisan penjajah Belanda.

5. Taman Pintar

Arena bermain anak-anak di Taman Pintar

Malioboro Jogja ada object wisata yang disebutkan Taman Pintar. Tempat ini cukup cantik saat malam hari. Memang selainnya dikenali sebagai kota budaya, dikenal juga sebagai panggilan kota siswa.

Saat kalian masuk wisata ini kalian akan dibikin kagum dengan sarana yang ada. Memang tempat ini dibikin khusus sebagai wisata keluarga dan balita. Banyak kelebihan pada tempat ini. Tiba dan tunjukkan

6. Km 0 Jogja

nol KM Jogja

Pusat Malioboro Jogja ialah pada tempat ini, beberapa orang mengatakan sebagai tempat 0 km Jogja. Karena lokasi ini sebagai pusatnya kota Jogja. Bila kalian tiba ke sini dianjurkan saat malam hari karena tempat ini benar-benar romantis dan asyik.

Satu kelebihan untuk kalian tiba ketempat ini karena keelokan kotanya pada malam hari. Tidak ada kelirunya bila ke Jogja singgah ke sini nikmati panorama 0 km Jogja. Kalian dapat memarkir kendaraan di benteng vredeburg atau kantor pos Jogja yang tempatnya berseberangan.

7. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

Tempat wisata dekat Malioboro Jogja yang lain yakni Museum Sonobudoyo, mempunyai pekerjaan mengurus, meningkatkan koleksi-koleksi purbakala, tuntunan mendidik dan mendokumenkan riwayat warisan benda unik yang mempunyai nilai budaya tinggi.

Atraksi pameran masih tetap di Museum Sonobudoyo:

  • Selasa – Kamis 08:00 – 15:30 WIB
  • Jumat 08:00 – 14:00 WIB
  • Sabtu dan Minggu 08:00 – 15:30 WIB
  • Senin dan hari besar atau liburan nasional tutup.

8. Alun – Alun

pohon beringin alun alun jogja

Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi. Alun-alun sebagai tempat kelebihan wisata sekitaran Malioboro Jogja pada malam hari. Pas sekali jadi tempat kongkow asyik dengan keluarga atau rekan dengan menu ciri khas jagung bakar dan wedang ronde jadikan situasi jadi rileks.

Lokasi tepatnya ada di belakang Keraton Jogja. Tidak kalah menarik tawarkan becak hias dengan biaya 30 ribu sekali perputaran, tentu saja kalian segera dapat menyaksikan keelokan alun-alun Jogja pada malam hari. Dapat ditawar bila kalian ingin menambahkan perputaran.

Riwayat menjelaskan ada satu keyakinan jika mata ditutup dengan kain hitam selanjutnya jalan melalui di antara dua beringin kembar, bila kalian memilik keinginan dan mampu melaluinya tanpa membelok arah karena itu ucapnya keinginan akan diwujudkan.

9. Museum Kereta

Museum Kereta Jogja

Museum Keretea Malioboro Jogja ini ada beberapa koleksi riwayat punya Keraton Kesultanan berbentuk kereta kuda yang dahulunya ialah kendaraan khusus dilingkungan Keraton. Banyak kelebihan pada tempat ini karena kalian bisa menyaksikan warisan riwayat yang dijaga yang rapi.

Walupun kereta riwayat tetapi tetap kerap dipakai dalam upacara kebesaran keraton, seperti upacara pengukuhan Sultan, pernikahan putra Sultan atau mengantarkan mayat Sultan ke tempat beristirahat terakhir kalinya.

Ticket masuknya cukup hanya 5.000 ribu dan dikenai ongkos tambahan ticket kamera 1.000 ribu. Kalian bisa menyaksikan dan bisa melihat langsung 23 kereta kuno salah satunya kereta punya Kanjeng Nyai Jimad, Kereta Garuda Yeksa dan banyak yang lain.

10. Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta ini berada di jalan Rotowjayan block no.1, panembahan keraton Yogyakarta. Lebih persisnya di samping selatan jalan malioboro. Sampai saat ini juga tempat ini jadi tempat wisata favorite untuk beberapa pelancong yang tiba ke Malioboro Jogja.

Keraton Jogja yang istimewa ini meiliki riwayat kelebihan ngayogyokarto hadiningrat. Loket masuk mdibuka start pukul 09:00 – 14:00 dan ticket masuknya untuk pelancong lokal 7.500 dan asing 15.000. Ticket camera 1000 dan guide tipping 2.500 sampai 50.000.

0 thoughts on “Malioboro Jogja Tempat paling Hits Wajib dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *